Senin, 03 Agustus 2015

DAYA TARIK PERTANIAN



sumber gambar: hidroponikceria.com

Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang menjanjikan bagi bangsa Indonesia. Begitu luasnya cakupan pertanian membuat sektor ini tak pernah sepi menjadi pembicaraan. Sebagai penyedia bahan baku industri, pemenuh kebutuhan pangan, serta sumber energi.

Menempati urutan tertinggi ke tiga sebagai penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) di Indonesia berdasarkan survei oleh Badan Pusat Statistik tahun 2014, mengalahkan sektor konstruksi pada urutan ke empat dan pertambangan di urutan ke lima. Dengan presentase 13,38 persen.

Karena berbagai macam manfaatnya,  pertanian menjadi daya tarik bagi masyarakat: sekadar hobi, kebutuhan bisnis dengan pertanian intensif, pemenuhan kebutuhan pangan sendiri atau komunitas tertentu dengan pertanian ekstensifi, hingga pertanian yang memperhatikan kestabilan lingkungan atau biasa disebut pertanian berkelanjutan.

Kini berkembang berbagai macam teknik bertani modern, sebut saja salah satunya hidroponik yaitu teknik bertani tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam dengan memaksimalkan lahan kecil, penggunaan air jauh lebih hemat serta lebih efisien. Sehingga, kini bertani tidak harus memiliki lahan yang luas. Panduan untuk bertani pun mudah didapat baik melalui talk show pertanian, internet, buku, pun majalah.

Bertani butuh ketelitian, keterampilan, konsistensi, jangan lupakan kesabaran untuk menunggu tanaman siap panen. Sebelumnya telah dibahas beberapa cara mendapat keterampilan bertani, jika ingin lebih mendalami lagi, kini ada tempat kuliah yang menyediakan jurusan Agroteknologi. Apa itu agroteknologi?

Agroteknologi berasal dari kata Agronomi yaitu ilmu yang mempelajari gejala (fenomena) berhubungan dengan pertanian atau teori serta praktek dalam pengelolaan tanah hingga produksi tanaman dan Teknologi ialah berkaitan dengan sains dan rekayasa. Adanya jurusan ini diharapkan mampu menemukan temuan-temuan baru dalam bidang pertanian.

Beberapa pemaparan di atas membuat saya tertarik untuk menekuni bidang pertanian. Lebih dari itu, rasanya senang sekali jika bisa ikut mengolah hasil pertanian dan menciptakan taman mandiri. Saya masih sangat baru dalam bidang pertanian, segala informasi di sini saya peroleh dari studi pustaka atau dengan referensi.

Amat menyenangkan jika pembaca ikut mengoreksi apabila ada kesalahan dalam artikel pada Blog ini, sehingga kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan. Terimakasih sudah berkunjung, semoga informasi ini bermanfaat. Salam karya :)



Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Pertanian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar